Committee : PPI Worskhop

by on March 29, 2011

Di kepengurusan PPI (Persatuan Pelajar Indonesia) UTM tahun 2011-2012 ini saya didaulat untuk menjadi ketua bidang 1 (Akademik dan SDM) yang membawahi bidang akademik, SDM, Kaderisasi dan kerohanian.

Sudah ada beberapa kegiatan yang dibuat oleh bidang 1, seperti pelatihan End note, tips studi PSM, dan workshop penulisan proposal reseach untuk mahasiswa postgraduate PPI UTM. Kemaren kembali kami mengadakan kegiatan selama dua hari yang mengambil tema workshop writing journal dan publikasi. Untuk jalannya acara dapat dibaca di link tersebut, namun dari saya ingin menyoroti tentang beberapa hal hasil dari pelatihan ini.

  1. Rendahnya minat periset Indonesia (apakah dia Prof/ Dr/ Dosen / mahasiswa s2-s3) untuk mempublikasi di jurnal international, ini terlihat dari rendahnya paper dengan afiliasi Indonesia di dunia yang jumlahnya sama dengan negara Bangladesh. Berikut link yang datanya didapat dari SCIMAGO SCOPUS.
  2. Indonesia harus banyak belajar dari Malaysia, jangan hanya selalu terbuai dengan “Lho kok Malaysia, mereka dulu belajar sama kita”, begitu statemen politis dari tingkat pimpinan sampai dengan akar rumput, tp kita tidak pernah melihat faktanya,
  3. Malaysia dapat melakukan “MANAGEMENT” SDM-SDM hebat dari Indonesia, tidak demikian dengan kita, dimana SDM dijadikan urutan terakhir.
  4. Kita masih saja diributkan dengan infrastruktur dan anggaran pendidikan, sedangkan negara lain sedang meributkan bagaimana “bagaimana mengkomersialisasikan hasil risetnya” kita masih berjibaku dengan untuk apa menulis dan bagaimana memulai menulis.

Alhamdulilah dua hari kemaren adalah kegiatan puncak dari bidang 1 PPI 2011-2012, antusias peserta dan skill up dari para pembicara telah menyemangati kembali teman-teman PPI yang ikut pelatihan ini. Namun karena kesibukan ke depan para pengurus kayaknya kegiatan ini adalah terakhir dari bidang 1 karena waktu di LAB dan proses writing thesis dapat melupakan kegiatan akademik di PPI.
Terima kasih para Committee (EO, MC, Reviewer) dan peserta serta dukungan moril dari para sesepuh PPI, tanpa kalian mustahil acara ini terselenggara.:)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 2 =