2 Tahun di UTM Malaysia

by on December 9, 2011


Waktu begitu cepat berlalu, tidak terasa sudah 2 tahun kami berada di UTM Malaysia, perasaan baru kemaren saya menuliskan pengalaman 1 tahun di UTM ini. Alhamdulilah, ada banyak ilmu baik secara akademik atau social selama berada disini.

Sisi Akademik, kami semakin “tajam” sebagai seorang akademisi / periset dimana mulai dari Januari 2010 – Desember 2011 saya sudah menghasilkan beberapa paper yang publish di International Journal dan beberapa proceeding di International Conferences.  Dalam tulisan berikutnya saya akan mencoba sharing bagaimana tripsnya…Insya Allah.

Dari sisi Social, ada banyak sekali kami mengenal teman-teman yang sangat luar biasa yang berasal dari Indonesia ataupun dari negara-negara lain sebagai mahasiswa International di UTM ini, dan juga yang sangat luar biasa adalah kami mengenal banyak teman-teman yang mencari rezeki di negeri Malaysia ini (sebagai TKI) dan mereka adalah orang-orang yang sangat luar biasa, dimana kami dapat berbagai, memberikan motivasi dan mendengarkan keluhan mereka.

Beberapa hal yang menjadi perhatian saya selama dua tahun ini, diantaranya ;

  1. Kemampuan “menerawang” dalam Riset dan keilmuan praktisi, adalah dua faktor yang saling mendukung terutama dalam kasus riset saya,  dua hal ini adalah dunia yang berbeda, dan diantara satu dengan yang lain dapat saling mendukung dan melengkapi.
  2. Comparation / merujuk pekerjaan kita dengan orang lain. Dimana saya mendapat banyak sekali pandangan-pandangan dari teman sejawat satu LAB dan pemikiran kritisi dari para periset lain didunia dalam satu bidang ilmu yang sama, terutama setelah mendapatkan review paper dari sebuah jurnal publikasi.
  3. Manfaat dari hasil output Riset, harus dapat dibuktikan dan terbukti mempunyai “sesuatu” nilai kontribusi untuk ilmu pengetahuan dan itu menjadi isu utama dalam riset yang dilakukan dalam sebuah publikasi dunia. Dengan publikasi juga kita dapat mensosialisasikan penemuan / kontribusi tersebut pada researchers lainnya. Selanjutnya korespondensi “brainstroming”dan kolaborasi adalah tujuan berikutnya untuk membangun link dan networking.
  4. Dukungan Sumber Daya, Riset sangat tergantung dengan dukungan sumber daya dan infrastruktur dan ini adalah syarat mutlak, dalam kasus saya akses ke Journal-journal berbayar sangat dibutuhkan seperti IEEE, Elsivier, Springer Link,  Springer, ACM dan Wiley. Selain itu kesediaan peralatan juga merupakan hal utama yang harus ada dan Alhamdulilah semua disuppport penuh oleh Supervisor dan co-supervisor saya.
  5. Pendukung lainnya seperti kesediaan LAB sebagai tempat nongkrong berjam-jam, dimana saya mendapatkan tempat untuk melakukan riset semua itu telah menjadi saksi selama 2 tahun ini, di LAB inilah kami tidak mengenal waktu, apakah hari sabtu / minggu atau libur nasional seakan tidak mempengaruhi keinginan untuk segera menyelesaikan studi ini.

Semoga harapan untuk dapat submit di Desember 2012 dapat tercapai dan kembali pulang ke kampus untuk bersama-sama menyebarkan kebaikan kepada mahasiswa kami…aminnn.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 9 =