Technical Commitee

by on July 21, 2011

Altivitas melakukan review paper pada bulan Juli ini terasa sangat padat dari beberapa Journal dan International Conferences dimana saya menjadi salah satu board of reviewernya, sebut saja Technical Committee di ICCTD 2011, Board of review di ICIEIS 2011, dan Journal baru JITRJ. Jika diingat ada sekitar 10 paper dalam bulan ini harus saya review dengan tenggat waktu yang sangat pendek, hingga praktis saya tidak dapat mengupdate sharing pemikiran saya di blog ini, ada banyak sekali status “on progress” di bagian pemikiran yang menjadi pemicu saya untuk segera menyelesaikannya.

Pengalaman sebagai reviewer journal TELKOMNIKA dan sharing tulisan saya di blog ini serta blog riset saya selama menjadi student di UTM membuat banyaknya muncul nama deris stiawan di Internet, bener ini bukan narsis tapi dengan mudah orang lain dimana saja menemukan orang yang tepat untuk dimintai tolong mereview journalnya, contohnya saya kemaren tiba-tiba ada International Journal di India yang mengkontak saya untuk dimintai tolong sebagai reviewer beberapa paper yang disubmit di journal tersebut, kebeneran tentang network security jadi saya menerimanya.

Dalam tulisan kali ini, yang ingin ditekankan adalah tentang “Networking” dan Sharing Knowledge yang telah dijalani sejak tahun 2008. Networking disini bukan Jaringan Komputer, tapi Networking yang menjelaskan tentang koneksi dengan social network kita, sedang sharing knowledge adalah share pemikiran dan tulisan kita di blog atau tempat lain yang mungkin menjadi inspirasi dan masukan bagi orang lain.

Apa yang saya rasakan ini mungkin juga dirasakan oleh para bloger lainnya, merasa berharga dan bangga jika ada beberapa orang yang mengkontak kita yang memberikan apresiasinya pada tulisan-tulisan yang saya publish di blog ini terutama di bagian Pemikiran. Ada yang bertanya lebih detail, mengkiritisi, request tulisan tertentu, bahkan sampai meminta saya menjadi pembimbing dalam menyelesaikan jenjang sarjananya…suatu kehormatan tentunya bagi saya.

Jangan berpikir ilmu yang kita tuliskan tidak ada manfaatnya atau berpikir ilmu kita akan berkurang karena di share ke orang lain, apalagi sampai terpikir orang yang membaca tulisan kita akan lebih pintar dari kita. Saya kira orang semakin sadar dengan keterbukaan dan penghargaan hasil karya orang lain apalagi di kalangan akademisi akan sangat menjunjung tinggi hasil pemikiran dan karya orang lain.

Semoga tulisan ini dapat mengajak para kolega saya dan mahasiswa saya untuk selalu terbuka dan berbagi keilmuannya dengan menuliskannya agar bermanfaat bagi orang lain 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 9 =