Brother from Sudaness

by on July 15, 2011

Karena banyaknya mahasiswa asing terutama dari Semenanjung Arab yang kuliah di UTM ini, sebut saja salah satu adalah dari negara Sudan..kami memangilnya dengan brother sudaness, karena mereka begitu bersahabat dengan orang-orang di UTM ini.

Singkat cerita kali ini saya ingin sharing obrolan saya dengan salah satu temen satu LAB dari sudan, obrolan selama perjalanan ke rumah Supervisor kami karena ingin mengantarkan poster kami yang baru selesai di cetak untuk dipamerkan pada International Conference di Spain pada tanggal 18-21 July nanti, dan kebeneran Prof. Abdul Hanan akan berangkat untuk menghadiri conference tersebut, kami tetap di UTM…hhheheheee..jadi cuman paper dan poster kami aja ke Spanyol.

Dalam perjalanan tersebut, saya bertanya mengapa begitu banyak mahasiswa Sudaness ke UTM, mengapa tidak memilih negara lain misal Thailand, atau Indonesia atau bahkan Ausie sana. Ternyata ceritanya mereka mendapatkan beasiswa dari pemerintah yang mengharuskan untuk memilih Malaysia..wew…dan yang terkejutnya lagi ada ratusan mahasiswa FULL BEASISWA dari PETRONAS (PERTAMINA nya Malaysia) setiap tahunnya, sebagai info PETRONAS mempunyai hak istimewa sebaga ekpolaris minya selain PETRICHINA di Sudan…wew…PETRONAS sudah menjelajah kesana dan memberikan beasiswa ratusan orang untuk master / PhD ke PTN yang ada di Malaysia….waduh mimpi ngak nya kita bisa seperti ini.

Semoga pemerintah kita dapat menjadikan ini sebagai barometer dan benchmarking kita untuk memicu lebih maju lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 3 =