WikiLeaks…War, Lies & Video Tape

by on July 9, 2011

Kemaren sempet nonton acara di Channel News. Acara yang sudah saya tunggu mengupas tentang WikiLeaks, War, Lies & Video Tape. Sharing kali ini terlepas dari benar atau tidaknya content yang ada, tapi perhatiaan utama saya adalah bagaimana teamnya bekerja untuk mendapatkan data-data yang begitu banyak dari tempat / fasilitas negara / kawat diplomatik / komunikasi militer, sehingga kumpulan data tersebut membentuk suatu archives yang sangat besar.

Buru-buru pihak gedung putih, Pentagon, CIA membantah dengan keras dan menyebut team WikiLeaks tidak beda dengan Terrorism yang sedang mereka buru selama ini, begitupun Australia, Francis, dan UK yang “berang” dengan aksi team ini. Wajar mereka berang, karena banyak sekali “kebenaran” dan cerita realita yang selama ini di sembunyikan oleh mereka terutama perang di Irak dan Afghanistan.
Team yang sering muncul dan dipublikasikan media adalah Julian Assange (founder) dan Daniel Domscheit-Berg (IT Specialist), namun saya yakin team lain bekerja luar biasa untuk mendapatkan data-data ini.
Ternyata team mereka bekerja dengan melakukan teknik hacking (penetration & social engineering) untuk mendapatkan data-data tersebut, Jadi memang benar bahwa tidak ada sistem yang 100% aman selagai masih dibuat tangan manusia, kita hanya dapat memperlambat / menghambat mereka untuk tidak mudah masuk ke sistem kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 5 =