Preparing for C|EH

by on June 20, 2011

 

Kali ini saya ingin sharing, bagaimana mendapatkan sertifikasi C|EH tanpa mengikuti trainingnya terlebih dahulu, ada beberapa kolega dan teman yang bertanya mengenai hal ini. Dalam pandangan saya ada beberapa hal / issues yang dapat menjadi perhatian ;

  1. Sebanyak 150 soal harus dikerjakan dalam waktu 3,5 jam dan minimal 70% harus benar untuk bisa PASS, jadi kejelian melihat masalah dan pemahaman dalam melihat kasus sangat dibutuhkan. Rata-rata soalnya adalah narasi cerita untuk diberikan suatu solusinya.
  2. Kemampuan Networking, Komunikasi Data, Dasar Hacking dan Sistem Operasi dengan baik serta level medium akan sangat banyak membantu kita dalam mempertejamahkan soalan yang diberikan.
  3. Bila perlu baca dulu materi dari TestKing yang dijual bebas di Internet + jika ada materi CEH yang versi sebelumnya, sebagai info saya “menelan” 8 Chapter C|EH versi 2 dan 3 sebelum saya berangkat untuk mengambil sertifikasi ini, dan versi 6.3 yang saya ikuti memang jauh berbeda karena update materi, namun cukup memberikan gambaran awal.
  4. Jika jeli dalam mencari informasi di Internet, terdapat beberapa web yang menyediakan materi web C|EH terbaru dan dapat di download Free.
  5. Materi yangdiujikan pada ver 6.3 / ver 7 adalah Chapter 1 – Chapter 15 dari 67 Chapter yang di cover dalam training yang ada, namun karena waktu yang terbatas, rata-rata instructur hanya dapat “mengebut” materi-materi inti dan hand-on Lab.
  6. Pelajari dengan seksama aturan yang ada di EC-Council dan tentukan Prometric terdekat untuk ujian onlinenya. Dalam pengalaman kemaren koneksi Internet yang stabil mutlak menjadi perhatian pada saat berlangsungnya ujian.

Jadi secara umum setelah mengikuti training dan mendapatkan sertifikat ini maka bukan berarti bisa masuk dan merusak sistem orang dengan mudah. karena memang tidak ada sistem yang aman 100% dan kita hanya bisa menghambat / mempersulit mereka untuk masuk ke sistem, dan disitulah Ethical yang ditekankan, semoga berguna.