Skill Up: Certified Ethical Hacker

by on June 18, 2011

Alhamdulilah, setelah hari minggu kemaren dari Johor dan sejak hari itu juga saya menginap di Kolej Asrama Siswajaya UTM di Jalan Rejang, KL. Senin 13 Juni 2011, hari pertama saya masuk ke UTM KL dan memasuki AIS UTM KL untuk mengikuti kelas C|EH yang diadakan oleh EC-Council UTM AIS.

Materi yang begitu banyak dibawakan dengan santai oleh Dr. Bharani (PhD beliau di bidang IDS), beliau menjelaskan main dari setiap chapter sedangkan sisanya harus kami “lahap” sendiri. Ada sekitar 15 Chapter yang harus di telan selama 5 hari dari pagi sampai petang, dan kalau dihitung ada ribuan slides yang harus dibaca. Sangat tidak efektif jika kita tidak mengatahui dasar networking, komunikasi data dan konsep dasar hacking terlebih dahulu.

Materi banyak terfokus ke how to penetrate and vulnerable hole in Windows Operating System, Wireless Hacking and Social Engineering techniques.

Akhirnya Jumat sore dalam waktu 3.5 jam saya dapat mengerjakan dan menyelesaikan exam 150 Soal dengan nilai kesalahan 5%, dan dinyatakan PASS untuk mendapatkan C|EH yang dari dulu saya idamkan, terutama untuk meneruskan riset di PhD ini. Ada beberapa rekan dalam training ini yang dinyatakan Failed dan harus mengulang examnya dengan terlebih dahulu membayar fee exam sekitar Rp. 2 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 1 =