Menjalani 1st Assessment

by on March 15, 2011

 

Alhamdulilah…memasuki semester 3 ini, kesampaian juga akhirnya 1st Assessment…dimana request udah di apply dari november 2010 lalu, namun karena kesibukan supervisor baru akhirnya di approve Maret 2011 ini.. :).

Dalam ujian kemaren tanggal 14 Maret 2011, yang menjadi penguji adalah Prof. Dr. Asri Ngadi dan Dr. Sukor, mereka banyak menyoroti research saya yang katanya terlalu broad dan katanya akan susah diselesaikan dalam 3 tahun ini :), alasan utama terkuat saya membuat paparan tersebut didasari dari pengalaman melihat ujian 1st assessment sebelumnya yang banyak examiner “menyerang” mahasiswa dengan statement “ this is not PhD work, this work equal with master degree ” wew..padahal mungkin statement tersebut cuman mau membanting mental aja dan melihat sejauh mana pemahaman kita terhadap research yang dilakukan.

Nah kemaren saya memang sengaja membuat presentasi dengan sedikit broad, dan alhasil memang examiner dapat membaca pikiran dan pekerjaan saya, tapi alhamdulilah dengan sedikit pembuktian secara argumen akhirnya diterima mereka dan dinyatakan “PASS with CORRECTION” … yang menjadi kunci utama saya adalah telah adanya publis paper, ini yang membuat examiner ragu mengejar dan menembak saya.

Ada beberapa tips bagi temen-temen lain yang akan menghadapi 1st Assessment / defense proposal (kalau dikita dikatakan ujian proposal) ;

  1. Publishlah sebanyak mungkin hasil pemikiran kita dari literature review
  2. Supervisor sudah yakin dengan pekerjaan kita dan riset yang dilakukan terdapat unsru Novelty nya.
  3. Persiapkan dengan matang proposal thesis kita dari jauh hari terutama di Chapter 1 (Problem / objective) dan Chapter 3 (research method), dalam pengamatan saya chapter 1 banyak ditanya tentang problem yang memang seharusnya didapat dari penelitian sebelumnya atau hasil pengamatan dari literature review dan research methodology yang harus pas dan terarah dalam steps-steps yang tegas dan jelas.
  4. Lakukan prove reading oleh teman sejawat atau pihak lain yang native speaking.
  5. Tampilkan literature review dalam mapping yang tegas, agar terlihat kalau pekerjaan kita masuk dalam area research field dalam tema yang kita angkat.
  6. Persiapkan dengan baik presentasi slides, usahakan buat dengan tegas dan terarah, jangan terlalu banyak text didalam slides
  7. Jangan stress dan lakukan warming up secukupnya 1-2 hari sebelum presentasi.
    Steps 1 is done, ready to Final Steps (VIVA) with novelty and argument front of examiners 🙂