Catatan kecil Ph.D by Research (bagian 1)

by on December 26, 2010


Banyak sekali pelajaran yang didapat dari 1 tahun menjalani research untuk mendapatkan Level Ph.D ini…berikut cerita dan sharing pengalaman pribadi ;

Philoshopy of Doctor (Ph.D) akan terasa berat atau terasa biasa saja, tergantung dari yang menjalaninya…berat karena kita terbiasa dengan metode course work di dalam kelas master sebelumnya yang hanya mendengarkan dosen dan menyiapkan ujian di akhir semester untuk mendapatkan grade, dan membuat thesis / TA untuk mempertanggung jawabkannya di depan mimbar para examiner.

Dalam semester awal kami merasa sangat berat bagi kami karena harus merubah pola yang tadinya hanya mengikuti dosen ke pola yang mengharuskan kita dapat bekerja secara mandiri sepenuhnya. Pengalaman saya di dunia praktisi sangat membantu sekali dalam menapak dan melihat area apa yang akan di tuju, dan akan lebih membantu lagi jika kita juga menguasai beberapa tools pendukung baik h.w / s.w untuk area yang akan kita teliti. Awalnya proposal saya ke Suvervisor saya adalah Heteregeneous system in network management, namun setelah literature review akhirnya saya membanting setir dan masuk ke area Hybrid Technique in Intrusion Prevention System.

Alhamdulilah sebenarnya di area ini saya ada sedikit pengalaman selama di ELNUS. Penggunaan linux, Wireless access, ACL pada router, NAT/PAT pada proxy, VLAN pada catalyst dan RADIUS pada AAA server telah pernah dicoba atau minimal pernah ikut nongkrong pada saat konfigurasi di client oleh team ELNUS, serta pengggunaan tools simulator untuk network. pengalaman sertifikasi CCNA, security class Cisco, Linux Fundametal cisco, dan seringnya dulu membaca white paper dari vendor-vendor network + mengikuti RSS push mail dari mereka sangat terasa sekali membantu saya.

Ternyata dalam research kemampuan teknis tidak mutlak sepenuhnya di perlukan, kemampuan dalam mencari data, informasi, membuat relasi dengan periset lain didunia ini, menyakinkan vendor untuk dapat memberikan versi shareware / prototype produknya dan penggunaan tools bantu juga mutlak dibutuhkan. Kemampuan untuk dapat menyelam lebih mendasar di area tersebut sangat dibutuhkan, dan ini dibutuhkan kemampuan yang didapat dari banyak teori-teori keilmuan.

Beruntunglah jika mempunyai kemampuan matematis yang baik atau pengetahuan yang baik dibidang soft computing akan sangat membantu cepatnya kita dalam menentukan masalah dan metode apa yang akan digunakan untuk menyelesaikannya.

Setelah melalui literature review ada baiknya langsung di publish di journal / conference, ini berguna untuk sounding bahwa ada seseorang di dunia ini yang sedang membahas area ini. Hal ini dibutuhkan untuk mengkavling area kita dan jika bernasib baik akan ada orang lain yang akan mengkontak kita, hal ini akan dilakukan oleh periset lain yang membaca paper kita yang sama area risetnya.

Link terkait:
–  Catatan Kecil bagian 2
https://web.archive.org/web/20130424013640/http://deris.unsri.ac.id/?p=833

–  Catatan Kecil bagian 3
https://web.archive.org/web/20130424013640/http://deris.unsri.ac.id/?p=858

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 1 =