Fenomena Web 2.0 & Interaksinya

by on May 28, 2010

Tulisan ini dibuat bukan mau membahas Web 2.0 karena saya tidak kompeten untuk menjelaskanya. Ide ini muncul udahlama sekali setelah melihat dan menganalisa fenomena dari Web 2.0, dan semakin meledak setelah Blog dan social networking lainnya dilakukan obama untuk menjaring para pemilih di US.  Sebut saja FB, Twitter, Plurk, dll yang telah merubah paradigma dari orang tua sampai anak-anak….semua berlomba-lomba melakukan koneksi dan mencari teman sebanyak-banyaknya…plus selalu mengupdate statusnya secara periodik.

Update Status itu hak pribadi masing-masing yang punya account, namun kalau kita perhatikan bukankah status yang dituliskan itu mencerminkan seseorang baik dari sisi pekerjaan, akademis atau sisi stratifikasinya…karena kebiasaan update status akan menceritakan hal-hal tersebut.

Kekuatan Email dan BLOG yang dulu mendominasi, hilang dan tergantikan dengan kekuatan content yang ada di FB, dimana features FB yang semakin hari semakin beragam dan semakin mengena dari sudut Behavior user dan keinginannya…konsep one stop click telah diterapkan di social networking ini. Dengan BLOG kita belajar menulis dan menelurkan pendapat, pandangan dan sharing info kepada orang lain…..sangat tepat bagi temen-temen yang sedang melakukan riset / kolaborasi dan menyusun TA / Thesisnya.

Konsep CIVIL JOURNALISM sudah dijunjung dari jauh hari, lihat saja contoh sederhana detik photo dan portal berita sejenisnya yang memperbolehkan kita mengupload berita photo kita untuk di liput di kolom beritanya. Begitupun email, wajar kalau  Microsoft yang telah menggurita dunia dengan solusi OS dan Aplikasinya mengintegrasikan konsep CRM di aplikasi OFFICE nya…karena setiap email ada historinya dan sebagai bukti digital yang telah diakui karena mempunyai karakter unik yang jelas.

Namun sayang banyak temen-temen sekarang yang meninggalkan email / BLOG dan sekarang rajin mengupdate dan menulis di kolom note FB nya..

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + 8 =