Skill Up: Workshop on International Scientific Paper Writing

by on April 27, 2010

Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DP2M-DIKTI) Kementrian Pendidikan Nasional mendapatkan pelatihan dan workshop on International Scientific Paper Writing untuk 50 orang dosen dari PTN/PTS seluruh Indonesia, pada tanggal 22-25 April 2010 di hotel Millenium, Jakarta.

Peer Reviewer dan seleksi yang ketat dilakukan dari ribuan tulisan ilmiah yang masuk pada bulan februari 2010 ke DP2M-DIKTI dan karena beberapa alasan hanya 50 orang yang terpilih. Ada tujuh orang wakil dari Universitas Sriwijaya berhasil menjadi peserta dalam pelatihan tersebut, ketujuh dosen tersebut adalah :

  1. Dr.Ir. Dwi Setyawan.M.Sc (PS.Pengelolaan lingkungan, Program Pascasarjana)
  2. Drs. Bambang Yudono, M.Sc (Jurusan Kimia FMIPA)
  3. Deris Stiawan.S.Kom.MT (Jurusan Sistem Komputer, FASILKOM)
  4. Tengku Zia Ulqodry, ST., M.Si (Prodi Ilmu Kelautan FMIPA)
  5. Meria Utama, SH., LLM. (FH)
  6. Asep Indra Munawar Ali (Fakultas Pertanian)
  7. Indah Widiastuti, S.Pi., M.Si. (Prodi Teknologi Hasil Perikanan Fakultas Pertanian)

DP2M yang bekerjasama dengan DPRM UI sebagai EO acara tersebut mengundang beberapa pembicara, diantaranya :

  1. Prof. Dr. Wasmen Manalu
  2. Dr. Suminar S. Achmadi
  3. Prof. Dr. Mien A. Rifai
  4. Prof. Ali Saukah.PhD
  5. Prof. Dr. Sikstus Gusli
  6. Dr. Isnani A. Suryono
  7. Dr.Drg. Darmawan Setijanto
  8. Dr.dr. Dripa Sjabana
  9. Faizah Sari.PhD

“Workshop ini sangat memberikan banyak manfaat bagi kami, selain mengatahui error dari paper yang akan dikirimkan ke journal international, kami juga mendapatkan tip n trik dalam menulis paper agar dapat menjadi paper yang baik dan diterima oleh reviewer” begitu yang dikatakan salah satu dosen UNSRI yang ikut dalam acara tersebut.

Dalam kesempatan itu juga DIKTI membagikan user n pass untuk dapat login Journal Langganan International seperti ProQuest, Cenggage dan EBSCO. Akses tersebut dapat digunakan secara luas kepada seluruh civitas UNSRI, untuk mengetahui informasi user n pass dapat mengontak langsung ke tujuh dosen tersebut atau user n pass tersebut akan disebarkan melalui team ICT UNSRI.

E-Journal DIKTI dapat mengakses FULL ke:

ProQuest, (Bidang Enggineering & IT, Ilmu Sosial, Pertanian, Sains, Seni)
Cengage, (Bidang sains, pendidikan, ilmu sosial)
EBSCO,(Bidang Engineering & IT, Bisnis, dan kedokteran)

Untuk dapat mengakses ketiga jurnal berbayar tersebut perlu memasukan user n password yang telah diberikan oleh DIKTI, silahkan kontak langsung ke tujuh orang dosen tersebut atau dapat menanyakan ke team ICT UNSRI untuk pembagian user n passnya.

Garuda (Garba Rujukan Digital) adalah portal penemuan referensi ilmiah Indonesia yang merupakan titik akses terhadap karya ilmiah yang dihasilkan oleh akademisi dan peneliti Indonesia. Garuda yang mencakup antara lain e-journal domestik, tugas akhir mahasiswa, dan laporan penelitian dikembangkan oleh Direktorat P2M-Dikti Depdiknas bekerjasama dengan PDII-LIPI serta berbagai perguruan tinggi dalam hal penyediaan konten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + 7 =