Puma is come

by on April 13, 2010

PUMA… ya itulah nama “entry server” yang saya bangun yang akan digunakan untuk mesin “pengendus” di riset yang sedang dilakukan…Building block “entry server” dengan jeroan : Intel Xeon Quad Core X3430 2,4 GHz 8 MB, Intel 3420 Chipset Server, 2GB DDR III ECC Memory 1066MHz, 1TB SATA II Hard Drive, DVD-RW SATA II, Dual NIC Gbic and ServerWare SGP583 tower Chassis..tidak luar biasa karena masih terdapat beberapa bagian yang berpotensi bottleneck.

Cerita ini merupakan sisi lain dari “jalan” riset yang sedang saya lakukan….budget yang disediakan oleh co-supervisor saya tidak terlalu besar untuk membangun entry server ini, di UTM kayaknya telah menjadi default untuk menggunakan brand DELL /COMPAQ, maka saya sangat kesulitan untuk mendapatkan spec yang pas dengan hati saya :)..

Pengendusan akan dilakukan untuk traffic sebesar 150 Mbps dengan traffic log (bukan payload) mencapai 150 MBps…jadi  disini saya menekankan pada kekuatan NIC, Memory dan HD, sedangkan processor tidak begitu dibutuhkan karena tidak menjalankan rendering atau aplikasi yang membutuhkan pengolahan 64 bit.

Dengan sedikit  “pengalaman” terdahulu, pemilihan block dibangkitkan…web site INTEL menjadi keharusan. Membandingkan, mengkategorikan dan memilih dilakukan dalam 2 hari + dengan membaca buku Extrusion Detection dan Intrusion Prevention, didapat masukan untuk network tapping ini. Awalnya ada beberapa alternatif :

spec server with self development, use spare part (MB Intel Server S3200 Series(S3210SHLX), Processor 2 Quad 2,83 Ghz, Cache 6 MB, Memory Corsair DDR2 800 Mhz 2 GB,NIC Gbic, HD 1 TB, case ATX, PS 500 W)

spec server brand DELL

Network TAP form netoptics.com, this product specially for tapping traffic, but need server to collect and analyst data..

Harga menjadi kendala di alternatif 2 dan 3, dalam 4 hari saya “menyebarkan” email ke beberapa distributor INTEL di sekitar Johor Bahru dan hanya beberapa tempat yang membalas dan “jawabanya” sangat standar tanpa menjelaskan detail secara teknis. Akhirnya dengan informasi dari sana-sini saya berhasil mendapatkan link yang dapat memberikan solusi yang terbaik baik dari sisi teknis maupun harga :)…serverware yang akhirnya deal dengan harga dan spek diatas.

Kalau diingat-ingat mungkin sebanyak 40x an saya dan AM nya berkorespodensi :)…dan akhirnya hari ini server yang saya beri nama PUMA telah berhasil di Install.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + 3 =