NOC Server Farm UTM

by on April 3, 2010

Kunjungan ke ruang NOC / server farm UTM mengingatkan saya di Data Center lantai 7 gedung cyber jakarta, mungkin setengah dari luas gedung data center.  seperti ruangan NOC lainnya, ruang ini terisolasi dan sangat rekstriktit, tidak semua orang dapat masuk ke ruang tersebut..

Bersama team IASRG (Prof. Mazleena dan Dr. Mohd Yazid) kami mengunjungi ruang NOC UTM untuk melihat persiapan sebelum menempatkan server capturing data raw di network UTM. persiapan ini bagian dari riset yang sedang dilakukan.

Dari banyaknya rack yang ada, yang menjadi pemicu mata saya adalah perangakat packeteer dan cisco (L3, smartlayer, core/distribution), Pix Firewall, ACL dan IPS serta load balance yang semuanya box…(soalnya baru liat sih..selama ini cuman baca manualnya doang / whitepapernya…yang commandnya dicoba di simulator). secara umum ruangan terbagi menjadi 3 bagian (server farm application + server gridcomputing, network core dan ruang SAN + storages CCTV).

“ya benar…jejeran hardisk rack mounting tersebut untuk mennyimpan semua video yang terekam oleh semua kamara IP yang tersebar di seluruh UTM”…begitu dikatakan sysadmin UTM pada saat saya tunjuk jejeran hardisk di salah satu rack. makanya kalau ada kasus kehilangan di UTM ini dapat dengan cepat ditulusuri karena camera CCTV terpasang di semua sudut gedung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 3 =