Skill Up : Information Retrival

by on February 23, 2010

Kembali FCSIS UTM mengadakan kuliah umum, kali ini mengambil tema yang diangkat adalah Information Retrieval, yang dibawakan selama tiga hari dari tanggal 21 February – 23 February 2010 oleh Prof. Dr. Mark Sanderson, Professor IS Departement, University of Sheffield, UK.

Mark Sanderson mungkin tidak asing bagi para researcher di bidang IS, Data Retrieval, dan Algorithm Search Engines.

Hari pertama, menjelaskan tentang konsep dasar tentang search engine seperti crawler, hyperlink, processing document, XML, structure dan encode browser. Hari kedua, difokuskan pada rankin web, anchor, spell corection dan attack spamm. hari terakhir tentang Evaluation IR, dan bagaimana measurement performance dari web secara keseluruhan.
Walaupun tidak match dengan penelitian yang sedang dilakukan, namun ini dapat menjadi “SKILL UP” dari sudut yang lain. Ada beberapa hal yang dapat disimpulkan dan sedikit “dipaksakan” agar bermanfaat bagi riset saya

  • SKILL UP lagi untuk mendapatkan gambaran lain dari sudut pandang berbeda dalam memandang suatu permasalahan
  • Dari pandangan saya, web akan menjadi salah satu “THE POWER OF CONTENT” dari perkembangan Cloud Computing. tapi tidak akan terlepas dengan kekuatan dari Infrastruktur yang ada “THE POWER OF INTERNETWORK”, sedikit memaksa karena ngakunya orang network :).
  • Kolaborasi dengan ilmu dan stakeholder lainnya harus dilakukan saat ini terutama dalam sudut pandang Researcher.
  • Cross Platform dan smart devices akan semakin digemari dan menjadi trend untuk bekerja secara telecommuters, ditambah dengan semakin beragamnya content berbasis collaboration dan Unified Communications.
  • Dari pandangan saya, Solusi seperti yang dilakukan GOOGLE, INC saat ini akan terus diikuti oleh lainnya, Google telah melesat jauh dengan solusi one stop services nya (chrome, google Application, GTalk, Gmail, Mapping, dsb).
  • Penetrasi INFRASTUKTUR dan SYSTEMS akan menuju ke era one stop services, Inteligent, Speed, dan Lower Cost

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 1 =