Skill Up : Literature Review

by on February 22, 2010

Ada banyak masukan yang didapatkan dari mengikuti kuliah umum tentang Literature Review yang dipaparkan oleh Prof. Dr. Juhana Salim. Materi ini semakin merubah “Pola” tradisional saya selama ini…Seorang Peneliti akan mendaptkan PROBLEM bukan dari diri sendiri, tapi didapatkan dari Penelitian terdahulu yang telah dilakukan orang lain dan satu area dengan yang sedang dilakukan saat ini.

Prof. Juhana ini pakar IT Solution & Knowledge Management, itu yang saya simpulkan, karena banyak sekali memberikan contoh tentang riset yang sudah dan sedang dilakukan saat ini.

Dari paparan beliau, mungkin akan berguna bagi teman-teman yang akan siap-siap atau berencana untuk meneruskan Risetnya ke jenjang lebih tinggi :

  • Untuk mencari Problem bisa memulai dengan mencari hambatan, gap, dan hasil penelitian terakhir di area yang akan diteliti.
  • Penelusuran Journal yang terkait dengan area yang diteliti minimal 200 journal internasional 4 tahun terakhir yang berdampak langsung pada area yang diteliti, sedangkan yang tidak bersinggungan lansung bisa mencapai 400 journal.
  • Mencari informasi dari yang dipublikasi secara ilmiah dan tidak dipublikasikan agar mendapatkan gambaran seutuhnya (document review, journal, tech report, research group, dll)
  • Untuk mendapatkan gap problem tersebut, kita harus dapat menggali issues, teori, dan menyimpulkannya dari kritik / relatek work sebelumnya, disinilah dibutuhkan insting dan pendalaman pengalaman dari materi area yang akan diteliti.
  • Dengan menggali hal tersebut diharapkan mendapatkan dan mengidentifikasi relasi antara konsep, hypothesis dan relasinya
  • Untuk melakukan Literatur review, harus melakukan tidak hanya merangkum tapi juga melaporkan dalam mimbar akademik, dengan mengevaluasi persamaan dan perbedaan dari yang sedang kita lakukan, tampilkan bagaimana hal itu terkait, apa kaitannya, dan gambarkan model-model yang telah dilakukan selama ini.
  • Hal ini mungkin akan ada kaitannya dengan framework yang sudah kita buat dan model yang kita siapkan dan dapat mengukur apa dampak dari pemikiran kita tersebut pada ilmu pengetahuan.
  • Membuat framework, yang diawali dengan teori dari buku, artikel teknis atau journal, perencanaan yang akan dibuat dan rencana measurement dan testing nantinya, sedangkan Modelling, model yang dapat di implementasikan dan digunakan dimana saja dalam area yang sama.
  • Apa kelebihan dan kelemahanan model dan system yang telah ada saat ini, jelaskan secara rinci dan deskripsikan satu-satu.
  • Dalam membuat kesimpulan yang ada, harus menunjukan arah pemahaman yang jelas tentang topic yang dibahas, dengan jelas menegaskan kesimpulan dari penelitian sebelumnya dan gunakan argument yang tepat dan dapat dibuktikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 5 =