Komitmen dari Research Methodology

by on February 20, 2010

Sesuai jadwal dan matakuliah wajib yang harus diikuti seluruh mahasiswa postgraduate, kami mengikuti kelas Research Methodology di Ruang Kuliah N24 dan ruang seminar PSZ Library dari tanggal 18-20 February. Ketemu banyak mahasiswa dari berbagai Department lain dan mahasiswa yang berasal dari Indonesia.

Dari hasil selama 3 hari, ada banyak sekali ilmu dan motivasi yang didapatkan dari kelas ini, dan ada beberapa point yang bisa menjadi komitmen saya untuk tetap focus pada Riset yang sedang dilakukan.

  1. Penggunaan metode riset yang tepat untuk menjadi framework bagi riset yang sedang dilakukan
  2. Memahami bagaimana menemukan “problem” dari area yang teliti dan menemukan pattern “novelty” dari riset yang telah dilakukan orang lain…kata kunci disini adalah Journal, journal dan journal :).
  3. Problem harus muncul dari sumber yang reliabel dan meletakan problem tersebut pada keilmuan science / engineering
  4. Untuk mendapatkan sebuah Permasalahan dari riset yang dilakukan memerlukan waktu dan tenaga yang luar biasa, walaupun nantinya “problem” tersebut hanya sebuah “dot” kecil.
  5. Harus lebih produktif dalam melakukan “brainstroming discuss” melalui paper yang diterbitkan dalam International Proceeding dan Journal High Impact Factor…dan ini yang tidak mudah dalam menuangkan ide related work ke dalam sebuah paper ilmiah 🙂
  6. Ternyata ada banyak sekali group research di belahan dunia lain yang sedang melakukan hal yang sama dengan materi riset saya..hal ini baru disadari setelah melihat ada banyak tema tersebut di journal High Impact Factor, sisi lain kerja keras dan “kejer-kejeran” dengan periset lain untuk melihat problem yang ada di area itu, dan disisi lain ternyata kita tidak sendiri di bidang itu…” You are not alone “..:)
  7. Confidence for your work..
  8. PhD ternyata sebuah langkah awal untuk menjadi seorang Researcher di dalam bidang yang kita geluti :).

Share untuk temen-temen lain yang akan menyusul, agar menyusun strategi dan tentukan dari sekarang focus dari riset yang akan dilakukan karena jika sudah menemukan itu akan dapat berlari kencang tanpa perlu warming up lagi :). dimana saja mau lanjut (asia, europa, australia, dll) akan sama-sama ketemu di paper Journal yang High Impact Factor….semoga kita semua diberi kemudahan agar dapat menyelesaikan “Tantangan” ini..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 6 =