The Roadmap Web civitas FASILKOM

by on January 13, 2010

Tulisan ini saya dedikasikan untuk webmaster berikutnya di FASILKOM UNSRI, cerita ini adalah Roadmap dari perjalanan web di linkungan civitas FASILKOM…

Sejak tahun Januari 2006 – Desember 2009, saya dipercaya untuk menjadi web master ilkom, ada pepatah ‘gambar lebih bermakna dari kata-kata’ mungkin itu yang ingin saya sampaikan kepada pengunjung web ilkom. makanya ada banyak gambar yang ada dihalaman muka. Server yang ada ternyata dapat berjalan normal sampai hari ini, awalnya server tersebut menjadi web server, mail server dan FTP server dengan OS Fedora yang benar-benar stabil tanpa ada kendala berarti, ditambah dengan penempatan server yang diletakan co-location di ISP PT. ELNUS. dan akhirnya saat ini server tersebut sudah berada “dihabitatnya” server farm di NOC UNSRI Inderalaya.

Setiap Gambar di halaman depan WEB FASILKOM ver 1.0 akan disesuaikan dengan kegiatan, situasi kejadian, dan lain-lain di lingkungan civitas Akademik FASILKOM UNSRI.

Web Master selalu berusaha untuk membuat perbaikan-perbaikan dari versi 1.0 yang masih statis, dan akan terus dikembangkan kedepan ke versi-versi berikutnya..insya Alloh. Banyak masukan dari berbagai pihak (dosen & mahasiswa) untuk pengembangan web ini seperti Penempatan Content, Interaktif dengan user, Search Engine, Polling, Search Judul TA & KP. dll. Web master sangat berterima kasih atas semua masukannya. Mungkin kedepan Web Master & Art Director akan membentuk team work WEB FASILKOM dikarenakan semakin tingginya utilitas dari Web ini yang selama ini dihandle oleh satu orang.

Ver 1.0 ini designnya sangat memainkan warna dan images sebagai visual utamanya, web master memilih tema sebagai “minimalis”. Kalau diperhatikan rata-rata hits cukup tinggi kebanyakan para pengunjung mengambil materi kuliah dan melihat pengumuman Akademik.

Alhamdulilah web ini telah menjadi GATEWAY bagi seluruh civitas akademi FASILKOM dalam mencari informasi dan data, semua disediakan dalam satu “click” makanya saya ingin sekali dahulu membuat PORTAL fakultas / web official jurusan dan Forum keilmuan. Tingginya hit web fasilkom dapat dilihat dari report STATS yang dibuat, rata-rata dalam satu bulan diakses lebih dari 2 juta hits, suatu yang luar biasa menurut saya.

Semenjak dipindahkan dari co-location di ISP, server sering down dan nilai Availability nya sangat minim, faktor utamanya adalah sering padamnya listrik di kampus Bukit Besar, dan hal ini sangat disesalkan oleh civitas akademi dan sudah saya klarifikasi di forum ilkom.

Akhirnya sejak awal tahun 2008 dengan bergabungnya banyak teman-teman dosen baru lainnya maka terbentuklah team web fasilkom yang solid, hasil karya team ini dapat dinikmati dengan munculnya web fasilkom ver 2.0 yang full menggunakan PHP dan MYSQL, yang hasilnya masih dapat dilihat sampai hari ini di www.ilkom.unsri.ac.id. cukup mengembirakan rangking hit akses dari web ini, malah tercatat di alexa.com akses ke www.unsri.ac.id biasanya melalui www.ilkom.unsri.ac.id

Alhamdulilah pada tanggal 12 november 2008 team Forum Development terbentuk, dengan bantuan team ini yang terdiri dari mahasiswa SK dan IF akhirnya kami dapat merilis Official Forum Fakultas Ilmu Komputer UNSRI yang awalnya masih di hosting di server yang berada di IIX dengan domain www.forum-ilkom.info dengan bantuan ISP PT.ELNUS, dan berjalannya waktu dimana ICT UNSRI mulai rekonfigurasi maka sejak tahun 2009 forum ini resmi di pointing dan dipindahkan ke server UNSRI dengan domain www.forum.ilkom.unsri.ac.id.

Bulan Juni 2009, resmi OFFICIAL WEB Jurusan SISTEM KOMPUTER (SK), tempat saya bernaung. Web ini dibuat untuk memberikan informasi terkini dan akan datang untuk civitas jurusan SK, terima kasih saya dedikasikan untuk TEAM CEST (Computer Engineering Solution Team) yang telah banyak membantu dalam rilis ver 2.0.

Saya secara pribadi mengucapkan terima kasih sebesarnya dan double thumb kepada seluruh team yang terlibat dalam penyelesaian tugas diatas tanpa pamrih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 7 =