Seminar Cyber Infrastructure

by on December 22, 2009

Cyber Infrastructure Vision for 21st Century Discovery….Wew dari judulnya pasti ini berhubungan dengan interkoneksi, backbone, integration systems…itu dibenak saya kemaren pada saat di invite di milist FSKSM…

Seminar yang diadakan oleh Departement Software Engineering Faculty of Computer Science & Information Systems UTM . kali ini menghadirkan Prof dan Dean Computing Departement dari Rochester Institute of Technology (RIT) USA…Prof.Jorge L.Diaz herrera.

Tebakan saya tidak benar 100% tapi juga tidak salah 100%.. :), dari seminar yang diadakan tanggal 21 Desember 2009 kemaren di Seminar Hall, D.07 Building terdapat beberapa kesimpulan menarik untuk kita semua (mahasiswa dan rekan saya di UNSRI)

Sekarang ini zaman OPEN, SHARE, KOLABORASI, dan CROSS KNOWLEDGES…perkembangan sudah mengarah semua ke Trans Deciplinary, semua sudah membicarakan tentang Revolution Sciences & Engineering Infrastructure

Dalam penjelasannya, PARTNESHIP menjadi inti dan berkolaborasi dengan HIGH PERFOMANCE COMPUTING, dengan BROADBAND NETWORK, dengan LARGE DATABASES DIGITAL LIBRARIES, dengan INSTRUMENTATION, dan dengan PEOPLE TRAINING. semua melebur menjadi satu dan saling share, kolaborasi, integrated, dan sinkronisasi

Dalam slide presentasinya juga mengambarkan tentang, Cyber Environment.

Statementnya yang menarik adalah “COLLOBORATE or DIE, INNOVATE or DIE,

Di R.I.T sendiri saat ini sudah berjalan research dengan konsentrasi COMPUTATIONAL BIOLOGY & BIOINFORMATICS, COMPUTATIONAL ASTROPHYSICS, dan COMPUTATIONAL SUSTAINABILITY.

Yang menjadi minat saya dan perhatian dari setelah mengikuti seminar ini adalah tentang penggunaan CLOUD COMPUTING (tulisan saya tentang CLOUD COMPUTING ini ngak selesai-selesai :)) yang saat ini sedang dan terus di teliti oleh para peneliti, ke depan tidak ada lagi database terpusat, tidak adalagi Library satu tempat, yang semakin hari semakin CONVERGENCES.

Jadi saat ini orang-orang Informatika, sistem komputer atau sistem informasi sudah melebur menjadi satu, ditambah dengan konsentrasi dengan bidang lain seperti ilmu kedokteran, modelling matematika, teori graph, AI, dan ilmu-ilmu teknis lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + 9 =