Welcome to UTM

by on December 10, 2009

Begitu kalimat yang pertama kali dilontarkan oleh supervisor saya, Prof. Dr. Abdul Hanan via email setelah saya mengkonfirmasi kehadiran saya untuk melakukan registrasi mahasiswa di sesi II Semester 2009/2010 di FSKSM UTM.

Ceritanya dimulai dengan semangatnya kami (Saya dan istri) untuk pergi ke UTM, Johor Bahru Malaysia untuk melakukan register sebagai PhD student, karena newbie kami langsung membeli tiket langsung dari Palembang ke Kuala Lumpur (KL) dan hal ini sangat disayangkan oleh para senior kita di FASILKOM yang telah dahulu menjadi PhD student, alasannya karena repot dari Airport ke Terminal dari cari Bus ke Johor, yang memerlukan waktu sekitar 4 – 5 jam perjalanan.

Akhirnya kami batalkan dan beli tiket kembali Air Asia untuk keberangkatan maju pada tanggal 6 Desember 2009 dari Palembang – JKT – Senai Johor. Karena memang “SERIUS” nya kami untuk sekolah dan mendaftar sebagai mahasiswa FULL TIME di sana kami membawa banyak barang dari Palembang dan rencananya pulang ke Palembang waktu Idul Fitri saja, walaupun telah memesan Extra Big Bagasi, kami tetap kena Biaya extra, jadi saran kepada yang temen-temen lain jika mau naik Air Asia maka lakukan pembayaran extra bagasi dari online jangan di counter check-in..:(

Repotnya karena ticketnya tidak konek maka pada saat di Jakarta, kita harus keluar dahulu dari terminal penerbangan lokal Palembang-Jakarta ke Terminal Luar Negeri yang berada di Terminal II Soekarno-Hatta, ada banyak SHUTLE BUS yang siap membantu untuk ke Terminal II.

Selama preparing keberangkatan kami terus mengontak via chat dan facebook temen-temen yang berada di UTM baik yang tercata PhD student atau degree di sana, pertanyaan seputar kehidupan disana, biaya hidup, tempat tinggal ini kami butuhkan untuk memantapkan keputusan kami memilih UTM dari beberapa universitas yang kami apply. Alhamdulilah tanggal 6 Desember 2009 sekitar pukul 15.30 waktu Johor (ada perbedaan waktu 1 jam antara Palembang-Johor) kami tiba di bandara Senai, Johor Bahru Malaysia dengan naik Air Asia (Gosipnya mulai januari 2010, Air Asia akan menutup rute Jakarta-Johor). Rekan kami yang sama-sama dari dosen UNSRI telah menunggu dengan tenang di bandara, terima kasih bro.

Keesokan harinya hari senin tanggal 07 Desember 2009, merupakan hari pertama Registration for New Student di Aula Dewan Sultan Iskandar (DSI), persis di tengah-tengah kampus, karena ngak biasa jalan waktu di UNSRI, jadi kami sedikit berkeringat dari parkiran ke Aula tersebut. Di UTM sangat ketat aturan dengan penggunaan jalan di sekitar kampus terutama untuk parkir mahasiswa yang membawa mobil atau motor…eh pas sampe di pintu depan DSI petugas menolak surat check kesehatan yang kita bawa dari palembang..akhirnya kita harus pergi dulu ke RS. UTM..antri cukup panjang karena memang hari pertama register, tapi karena sistem disana sudah berjalan dengan baik (salah satunya sudah menjalankan sistem online) maka antrian tidak terasa berkurang satu demi satu.

Akhirnya Tanggal 7 Desember itu jam 16.30 waktu johor kita berhasil mendapatkan CARD STUDENT dan resmilah kami sebagai mahasiswa di UTM, saya tercatat di Computer Sciences & Communications (CSC) dan istri saya di Software Engineering (SE). kami sama-sama berada di Faculty Computer Sciences & Information System UTM. Dengan CARD STUDENT ini kita dapat melakukan segala kegiatan akademik di dalam UTM, seperti meminjam buku, memilih atau meminta ruang kerja sebagai PhD student.

Mungkin menjadi catatan penting bagi kita bahwa di UTM ini semua kegiatan tercatat dengan ONE SYSTEM INTEGRATION, dari Library, SIMAK ONLINE, IN-OUT Room kerja, Pemesanan Asrama, Pendaftaran PASS UTM untuk kendaraan, dan sebagainya, semua menggunakan CARD STUDENT ini…hmmm cukup sakti juga punya CARD ini, tapi negatifnya adalah semua kegiatan kita terpantau dan Intrusion Detection secara dini dan history Logs dapat dibuka pada saat melakukan Forensic di kemudian hari..weewww 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 5 =