Tour de Java

by on July 30, 2009

Seminar around of java

Sebagai bagian dari TRIDHARMA perguruan tinggi, paparan keilmuan tentang “konsentrasi” penelitian menjadi keharusan, dalam beberapa kesempatan saya melakukan tour seminar di pulau jawa, dimulai dari Kota Malang tepatnya di Universitas Malang, di jurusan TE pada seminar nasional SNIEI, lalu tanggal 3 Agustus di ITS Surabaya pada seminar internasional di Fakultas Ilmu Komputer, dan diakhiri di Universitas Islam Nasional Jogyajarta pada tanggal 15 Agustus 2009 pada seminar internasional.

Cukup melelahkan, namun menyenangkan bisa tour di pulau jawa. karena padatnya jadwal yang harus dikejar, dan kegiatan ini berbarengan dengan kedatangan team assesor di prog.studi Teknik Komputer DIII saya dan kegiatan PPM 2009. alhamdulilah semua dapat dilalui dengan lancar dan cerita dibawah ini sedikit “sharing” tentang pengalaman tersebut.

Tanggal 25 Juli 2009

Seminar SNIEI di Universitas Malang, saya bersama dengan rekan-rekan lainnya staff dosen FASILKOM UNSRI melakukan paparan ilmiah makalah yang diterima pada proceeding di Seminar Nasional ini. UM cukup senior di pulau jawa terutama dalam pengalamannya. kampus yang cukup luas dan representatif yang saat ini sedang update tentang penggunaan ICT di lingkungan akademiknya.

Seminar dimulai pukul 16.00 setelah sesi I dengan pembicara dari DEPKOMINFO, SIMOLEK dan Roy Suryo. saya beserta rombongan UNSRI dibagi kedalam kelas-kelas berdasarkan kelompok ICT / Educations / Electro.

Setelah seminar, keesokan harinya saya dan teman sejati saya berkeliling kota malang, seperti ke taman SELECTA dan Air terjun COBANRONDO di Daerah BATU. klik disini sisi lain di kota malang ke kota batu dan wisata air terjun coban rondo

Tanggal 4 Agustus 2009

Untuk pertama kalinya saya presentasi dan tanya jawab di depan para akademisi dan praktisi pada Seminar Internasional ICTS di ITS Surabaya, cukup menegangkan apalagi ada beberapa peserta di kelas saya dari iran, malaysia dan japan. saya diberikan waktu 15 menit untuk paparan paper saya yang sudah termasuk tanya jawab..alhamdulilah dapat dilalui walaupun susah payah dalam bahasa inggris…(jadi saya sangat setuju dengan SK Rektor UNSRI mengharuskan mahasiswa S1 untuk lulus TOEFL 500 sebelum ujian Kompre…ngak yambung).

Acara dilaksanakan di lantai 2 Gedung Fakultas TI ITS Kampus Sikolilo Surabaya, kampus yang cukup mewah dan representatif, panitia yang profesional (karena udah 5 kali melaksanakan seminar ICTS ini) dan ragamnya peserta dari England, Germany, Iran, Malaysia, New Zealand, Oman, Switzeland dan taiwan.

Acara Presentasi paper dimulai pukul 13.00 – selesai di bagi dalam beberapa kelas konsentrasi keilmuan. dari kenalan “jejaring” hasil seminar ini kebanyakan adalah mahasiswa Doctoral dari berbagai Universitas.

Sebagai Keynote speaker adalah

Prof Sampei Mitsuji dari Kumamoto Japan dengan tema kontrol sistem robot snake

Prof. Prof. Abdul Hanan Abdullah materi IDS system Ad-hoc Network

Prof. Ir. Riyanarto Sarno, SE, MSc, PhD, memaparkan keilmuannya tentang Strategy IT Aligment with process Busines.

Jujur dengan ikut serta dalam seminar ini ada banyak sekali pengalaman yang didapat, selain kemampuan dalam bahasa inggris, dan memacu keilmuan untuk lebih mengerucut dan konsetrasi pada keilmuan saya. kanapa bahasa inggris ?, karena kalau dilihat dari paper yang lain dan paparan presentasi peserta dari luar negeri, kebanyakan tulisannya dapat dicerna dan “level” nya sama dengan kemampuan rata-rata orang indonesia.

Tanggal 15 Agustus 2009

Putaran terakhir mengikuti Seminar Internasional IIS 2009 di UIN Jogyakarta, karena sudah pernah di ICTS ITS Surabaya kemaren, maka pada seminar internasional kali ini saya cukup “safe n confident” baik dalam membawakan dengan bahasa inggris maupun materi yang dipaparkan.

Saya beserta teman sejati dan beberapa rekan dosen FASILKOM mengikuti acara seremoni pembukaannya yang resmi di buka oleh rektor UIN Prof. Dr. HM Amin Abdullah. Universitas Islam Negeri Jogyakarta yang dahulu IAIN Sunan Kalijaga saat ini “FACE OFF” dengan cepat sekali, saya ingat terakhir ke kampus IAIN pada tahun 2002, saat ini semua kampus telah berubah total, Gedung kampus, gerbang, masjid, dan sebagainya, nuansa arsitektur timur tengah sangat kental dan telah berubah total.

Sesi pertama diisi oleh tiga orang keynote speaker :

Assoc.Prof.Dr. Abdullag Saad Al-Mudimigh (King Saudi University)

Dr. Nazri Mohd Nawi (UTHM Malaysia)

Asscoc.Prof.Dr. Ari Samadi (ITB)

Sesi Kedua baru kami dibagi-bagi dalam beberapa kelas sesuai dengan “topik pembahasan”. saya berada di kelas pasca sarjana dengan beberapa peserta lainnya. dalam paparan kali ini berbeda dengan di ITS, jika di ICTS ITS paparan 15 menit sudah termasuk tanya jawab, namun di IIS 09 UIN ini paparan dipisahkan dengan sesi tanya jawab. presentasi 10 menit dan persesi awal yang terdiri dari 5 penyaji akan di panel di depan peserta lainnya.

Alhamdulilah semua lancar, dan kegiatan-kegiatan ini semakin “menguatkan” keilmuan saya dan memacu untuk terus focus pada bidang minat area Optimalisasi Network Management & Communications Security dengan lebih baik lagi.

Semoga tahun 2010 kami dapat mengikuti seminar internasional di negara-negara asia. Amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 4 =