Mengapa Interkoneksi ke IIX lebih baik ?

by on April 18, 2009

Saat ini dengan berkembangnya content-content web 2.0 yang semakin beragam ditambah dengan banyaknya permainan games-games seperti Ayo dance, Ragnarok, Gunbound, Seal Online, Pang Ya, dan lain sebagainya membuat trafic internet indonesia semakin besar. Saat ini diperkotaan banyak sekali muncul gamescenter yang khusus menyediakan rental permainan games-games menarik. Semua server-server games lokal yang contentnya dikembangkan oleh anak-anak negeri atau games-games terkenal dunia yang servernya ditempatkan di Indonesia dengan sistem clustering terdistribusi. Saat ini banyak perusahaan mengkoneksikan system mereka secara integrasi seperti system ERP, SAP system, CRM dan sebagainya, server-server system informasi ini diletakan dijaringan mereka membentuk WAN yang dihubungkan lewat suatu provider tertentu di Indonesia. Belum lagi DIKTI mengkoneksikan semua PTN dan PTS lewat INHERENT dan SMK-SMK melalui JARDIKNAS kedalam jaringan terpusat dan terintegrasi untuk melakukan sharing data, teleconferences, dan sharing content-content digital lainnya. Suatu hal yang sangat mengembirakan dimana semakin berkembangnya dan bergeliatnya content local di Indonesia.

Sejak tahun 2000an disaat trend Internet di Indonesia booming dan makin banyaknya penyedia jasa internet, perkumpulan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) membuat interkoneksi peering nasional agar pengelamatan di Internet menjadi lebih cepat dan tidak membuang traffic internet ke Internet global / internasional. Interkoneksi ini disebut IIX atau Indonesia Internet Exchange, yang menghubungkan semua ISP (internet Service Provider), NAP (Network Access Provider) dan Telco lainnya kedalam jaringan yang terpusat dan saling terhubung. Interkoneksi ini berada di Gedung Cyber Jl. Kuningan Barat No 8 Jakarta. Jadi dengan interkoneksi peering ini maka koneksi antara ISP di Indonesia tidak perlu pengelamatan/routing ke luar negeri lagi.

Gedung Cyber sendiri sudah menjadi “icon” di Indonesia jika ingin interkoneksi dengan para ISP dan NAP lainnya dapat dilakukan di Gedung ini. Untuk dapat terkoneksi ke Gedung cyber ini banyak para provider menggunakan transmisi lastmile Fiber Optic, Satelite, Leased Channel atau Wireless. Maka benar adanya bahwa jantung telekomunikasi internet Indonesia ada di gedung cyber Jakarta.

Saat ini terdapat tiga node utama IIX yang terhubung dengan backbone Fiber Optic dan topology ring yang menjadi interkoneksi utama backbone ke koneksi IIX lainnya seperti ke IIX Korwil yang berada di daerah-daerah dan IIX khusus e-gov seperti pemerintahan, militer dan pendidikan (JARDIKNAS), ketiga tempat tersebut adalah ;

  1. IIX 1 berada di Gedung Telkom Grha Citra Caraka, Jl. Jend. Gatot Subroto 52 dan direlokasi ke Gedung Arthatel
  2. IIX-2 terletak di Gedung Cyber Jl. Kuningan Barat No. 8 Jakarta
  3. IIX-3 berada di Annex Building Suite 101 AB Plaza Kuningan Jl. H.R. Rasuna Said Kav C 11 – 14 (http://www.napinfo.net)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 1 =