Internetworking Development & Design Life Cycle

by on April 18, 2009

Banyak sekali pertanyaan tentang “apakah ada suatu panduan / langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mendesign suatu internetworking baik dalam skala lokal atau luas”, biasanya untuk dijadikan sebagai pedoman dalam langkah-langkah penulisan ilmiah (TA/Jurnal). Dengan tulisan ini penulis mencoba memaparkan beberapa model / langkah-langkah yang bisa menjadi framework yang dikutip dari berbagai buku, Literatur, Whitepaper Computer Networking dan Data Communications.

Saat ini dengan perkembangan perangkat IT terutama dibidang Networking telah menjadikan kebutuhan akan infrastruktur sangat tinggi yang membuat para vendor berlomba untuk membuat solusi terintegrasi. Tetapi tidak semua solusi yang diberikan atau ditawarkan oleh vendor sesuai dengan kebutuhan perusahaan, karena strategi bisnis perusahaan akan berbeda-beda sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

Dahulu pada saat IT menjadi booming dan “anak emas” diperusahaan, penggunaan dana yang unlimited sangat mudah dianggarkan, namun saat ini dengan semakin jenuhnya akan solusi yang diberikan oleh IT ditambah dengan efek dari krisi global, banyak perusahaan mulai “menarik ikat pinggang” untuk belanja produk IT. Pemahanan ini sangat lumrah karena solusi IT dan dampak yang ada sangat susah untuk dituangkan dalam bentuk angka-angka keuntungan diatas kertas. Karena itu perlu adanya pedoman bagi para praktisi / newbie freshgraduate/ peneliti untuk membuat pedoman dan langkah-langkah dalam perancangan interkoneksi dan komunikasi.

Namun dalam pengembangan jaringan akan mendapatkan tantangan tersendiri, langkah pertama adalah harus mengerti tentang internetworking requirement kita, karena unsur reliability dan internetworking harus tercapai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 9 =