Memilih Web Hosting, Co-Locations atau Membangun sendiri ?

by on April 18, 2009

Sejak tahun 2007 PANDI yang menhandle ccTLD di indonesia, dan dari informasi yang didapat bahwa sejak kuartal tahun pertama 2008 hampir 1000 penamaan domain *.id di requst setiap bulannya. Menurut sumber di www.detik.com [7] Sampai dengan akhir Mei 2008, berdasarkan hitung-hitungan statistik PANDI, terdapat 28.184 nama domain yang menggunakan .id. Masih menurut kutipan tersebut, Masing-masing terdiri dari 14.692 domain co.id, 6.185 domain web.id, 3.002 domain or.id, 108 domain ac.id, 1405 domain sch.id, 269 domain net.id, 1.521 domain go.id, 36 domain mil.id. Belum lagi dengan perkembangan setiap bulannya domain gTLD yang sangat luar biasa untuk domain *.com. net, bizz, org, dan sebagainya.

Hal ini membuktikan jika Web site, Domain dan hal lainnya yang berhubungan dengan internet sudah menjadi kebutuhan bagi setiap perusahaan bisnis atau institusi, apalagi saat ini banyak penyedia jasa telco memberikan produk-produk terbaru mereka dengan harga yang sangat bersaing dan kecepatan akses yang lumayan cepat. Saat ini setelah perkembangan bandwidth telah mencapai di suatu titik yang membuat bandwith internet tidak lagi mahal, maka content-content atau aplikasi yang dapat dilewatkan di jaringan tersebut juga sangat tinggi perkembangannya, yang dapat dilihat dengan semakin banyak dan berkembangnya content-content berbasis web 2.0. Hal ini telah menjadi fenomena kekuatan sebuah web adalah link. Karena saat ini pengguna Internet pasti akan menuju ke sebuah web tertentu yang menyediakan berbagai macam informasi dan data. Begitupun dengan fenomena BLOGGER yang telah menjadi bagian dari seseorang di Internet.

Ada banyak penyedia jasa hosting di Indonesia, semua mempunyai kelebihan, baik dari sisi layanan, paket yang ditawarkan, dan sisi teknis lainnya, rata-rata layanan yang diberikan membagi dalam beberapa paket, Paket biasanya dibagi berdasarkan besarnya quota, akses user, user account, dan sebagainya.

Menurut data di http://www.webhosting.info/webhosts/tophosts/Country/ID ada beberapa layanan hosting di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + 4 =