Isu Utama Network Management

by on April 18, 2009

Kebutuhan akan komunikasi data saat ini sangat dibutuhkan untuk terhubung dengan kantor cabang, para pagawai atau rekan bisnis lainya. Karena dengan ketersediaan informasi yang akurat, cepat dan murah dapat meningkatkan kredibilitas perusahaan. Kebutuhan akan system informasi yang terintegrasi saat ini sangat mendesak, dikarenakan dengan system ini maka suatu informasi dapat bernilai guna yang pada akhirnya dapat meningkatkan kredibilitas di mata pelanggan. Untuk mendukung segala keputusan tingkat manajemen, suatu perusahaan sangat tergantung dari informasi yang tepat, akurat dan cepat dimana informasi ini dapat bermanfaat bagi manajemen untuk mengambil suatu keputusan yang tepat. Untuk itu dibutuhkan suatu jaringan komunikasi yang baik agar pihak manajemen tidak salah mengambil keputusan.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan internetworking infrastructure sering failure yang berakibat terganggunya layanan kepada user, untuk itu saat ini dibutukan suatu mekanisme pengaturan jaringan (management network) agar kondisi “kesehatan” internetwork terjaga dan secepatnya akan diketahui jika akan terjadi downtime, karena hal ini sangat berkaitan erat dengan layanan yang diberikan.

Saat ini sangat dibutuhkan solusi network yang reliabilitasnya mencapai 100% uptime tanpa down. Dahulu kebutuhan network down zero time hanya dicapai oleh perusahaan yang menggunakan IT secara significant seperti banking, dan provider telco, namun seiring kebutuhan zaman, saat ini tidak adalagi perusahaan atau pengguna jasa telco yang menginginkan networknya down. Pada saat sebuah enterprise company merancang atau mengintegrasikan internetworking dari pusat ke cabangnya pastilah terdapat banyak perangkat-perangkat jaringan yang berada di Network Operating Center (NOC) yang harus tetap dimonitor dan dikontrol. Ini juga berlaku untuk perusahaan yang layanannya diakses oleh banyak penggguna, seperti perbankan, provider, dan sebagainya. Biasanya yang bertugas untuk memonitor operasi ini disebut team Network Monitoring Center (NMC).
Pada saat membicarakan tentang kehandalan atau Reliability suatu sistem (infrastruktur network atau perangkat jaringan pendukung) Faktor utama yang mempengaruhinya adalah ketersediaan (Availability), Kinerja (Performance) dan keamanan (Security).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + 5 =