Upgrade Skill: Thomson Reuters Editors Day Indonesia 2016

by on April 9, 2016

Tanggal 7 April kemaren saya bersama Chief of Editor ComEngApp mengikuti acara editors day 2016 bersama Thomson Reuters yang diselenggarakan oleh LPPM ITB . Ada beberapa isu yang menarik disampaikan oleh keynote yang selalu membandingkan dengan rival sebelahnya, diantaranya:

ESCI

ESCI menjadi major dalam penjelasan mereka, nampaknya mereka akan menjadikan ESCI sebagai awal suatu jurnal untuk dinilai sebelum masuk kedalam SCIE. Apa beda antara ESCI dan SCIE silahkan rujuk dilink tersebut. Dalam pengamatan saya, nampaknya Thomson Reuters keder juga dengan Elservier terutama dengan scopusnya yang semakin hari semakin ciamik dalam tampilan dan lebih user friendly. Prediksi saya Thomson akan membuat “dashboard” untuk koneksi ke DB nya seperti SCIMAGO dan Mendeley dengan SCOPUS.

Masalah saat ini dalam perhitungan PAK DIKTI belum mengenal indeksasi ESCI ini dan dari beberapa “senior” pejuang journal Indonesia mengatakan bahwa ESCI memasukan beberapa jurnal ilmiah dari Indonesia tanpa adanya konfirmasi ke editonya atau dengan kata lain tidak ada proses submission ke ESCI.

Informasi lainnya tentang Thomson Reuters Journal selection

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + 9 =