Berlanggan Internet MyRepublic

by on May 10, 2016

Akhirnya memasang Myrepublic untuk kebutuhan Internet saya di rumah, dengan FTTH lastmile seakan-akan menjadikan mimpi menjadi kenyataan tentang “mengejar” delay yang rendah ke tujuan. Ini juga menjawab tulisan sharing saya terdahulu (rasanya tahun 2007) tentang “Tips memilih ISP” yang masih membedakan antara ADSL dengan Wireless.

Sebelum memutuskan menggunakan Myrepublic ini, telah melakukan survey provider termasuk 4G yang sedanga booming saat ini di Palembang yang diusung oleh telco besar seperti TELKOMSEL, XL dan Smart. Karena pertimbangan quota, walaupun perlu juga akses mobile untuk digunakan pada saat mengisi acara sharing talk di Palembang atau diluat kota namun akhirnya diputuskan untuk memilih antara Myrepublic dan Indi***E.

Saya bukan gamers atau downloader torrent, saya hanya perlu akses yang stabil dengan tidak dipusingkan dengan quota atau sejenisnya. Survey yang saya lakukan dalam mencari informasi Myrepublic adalah (1) harga paket di webnya, (2) routing peering provider ini ke Tier 1 dunia (3) mencari testimoni positive atau negative tentang layanannya.

Menarik juga tracert dari rumah saya (Palembang) ke backbone dunia via ISP / NAP PT. Moratel.  Berikut hasil speedtest yang dilakukan ke IIX dan International backbone.

1 2

Akses diatas dengan disable layanan TV cable nya karena memang belum ada TV di rumah saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 2 =