ASEAN University Games 2014

by on December 23, 2014


Hampir 2 minggu kemaren disibukan dengan kegiatan 17th ASEAN University Games (AUG) 2014, dimana UNSRI menjadi host penyelengaranya. Kegiatan yang berlangsung sejak 07 Desember dan berakhir pada 21 Desember kemarin. Ada ratusan dosen dan mahasiswa UNSRI yang terlibat dalam AUG ini. Dimana, FASILKOM kebagian dalam dukungan ICT, dari aplikasi, operator hingga infrastruktur dipercayakan kepada FASILKOM. Saya sendiri baru bergabung sejak bulan Agustus / September 2014 lalu, setelah saya resmi kembali dari tugas belajar. Sedangkan rekan sejawat lainnya sudah menginisial pekerjaan ini sejak Januari 2014 kemarin.


Luar biasa effort dan kerjasama tim dari FASILKOM yang terlihat selama kegiatan berlangsung, walaupun dalam pandangan saya ada beberapa point yang dapat menjadi pembelajaran bersama diantaranya adalah persiapan teknis dengan pihak ketiga dan kejelasan kontrak kerja dengan penyedia jasa tersebut. Saya bersama beberapa rekan dosen lain beserta puluhan mahasiswa jurusan Sistem Komputer dipercaya membidani ICT Infrastruktur, dengan jobs desk khusus untuk menjaga reliability dan availability network dan server farm selama kegiatan berlangsung.

Infrastruktur di AUG 2014 ini menggunakan upstream TELKOM dengan load balancing untuk menjaga akses ke International dan IIX. Layanan Metro Ethernet menjadi backbone interkoneksi ke lima belas venue dimana dua venue berada di luar lingkungan Jakabaring Sport City (PSCC & Grha Sriwijaya Bukit Besar). Aplikasi yang dikembangkan di provide dan maintenance penuh oleh tim ICT Fakultas Ilmu Komputer UNSRI. Dukungan teknis selama acara ini diberikan secara penuh, misalnya network monitoring centre bagian infrastruktur jaringan berjaga selama 24 jam untuk menjamin layanan tidak terganggu.

Terasa kembali aroma keilmuan praktisi dan teknikal yang memicu kembali keinginan untuk “come back” ke dunia ini, presentasi proposal, bertemu pelanggan dan layanan teknis kembali melintas. Namun saya sadar dunia praktisi ini “keras” apalagi saya telah memutuskan untuk konsentrasi di dunia pendidikan dengan segala kesibukan administratif, riset, pengajaran dan pengabdiannya.