[Suggestion] untuk IPI

by on October 12, 2013

Dalam tulisan sebelumnya, tentang Indonesian Publication Indexing yang dipersembahkan oleh para anak negeri untuk bangsa perlu di apresiasi oleh semua kalangan baik akademisi maupun pembuat keputusan. Kali ini, saya tergelitik untuk melihat secara teknis dari IPI.

Setelah dianalisis, ternyata IPI di hostingkan di Florida, US pada provider HOSTDIME dengan IP address 67.23.226.179 dan berada pada ASN 33182, dimana ASN ini terkoneksi ke 16 Tier backbone dunia.

Disisi lain, sejak tahun 2000, perkumpulan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) membuat interkoneksi peering nasional agar pengelamatan di Internet menjadi lebih cepat dan tidak membuang traffic internet ke Internet global / internasional. Interkoneksi ini disebut IIX atau Indonesia Internet Exchange, yang menghubungkan semua ISP (internet Service Provider), NAP (Network Access Provider) dan Telco lainnya kedalam jaringan yang terpusat dan saling terhubung. Solusi murah untuk end-user, karena ISP biasanya menawarkan bandwidth ke Tier-1 Internet dengan memisahkan bandwidth ke traffic IIX.

Dengan menempatkan IPI di interkoneksi IIX, maka traffic data dari dan ke server tersebut akan semakin cepat terutama akses yang berasal dari jaringan dengan IP Address Indonesia. Selain itu terdapat beberapa keutamaan lainnya, diantaranya :

  1. Meningkatkan penggunaan IIX dengan mengoptimalkan traffik terutama pada layanan interkoneksi data
  2. Layanan tidak akan terganggu disaat interkoneksi last-miles provider ke Tier-1 Internet dunia mengalami masalah (misalnya cut FO, routing failed), karena traffic dipisahkan untuk dan ke Internasional.
  3. Karena server diletakan di interkoneksi IIX maka hop paket data juga akan semakin pendek yang berefek pada semakin cepatnya pertukaran data dari sumber ke tujuan.
  4. Menghemat penggunaan bandwidth internasional dan mendorong pengembangan layanan-layanan baru / content yang beragam seperti content games, aplikasi mobile, dan sebagainya.

Pendapat diatas merupakan olahan dari pengalaman praktisi sebelumnya di tahun 2003 pada saat masih aktif di salah satu ISP lokal di Palembang, dan sudah pasti perubahan di sisi infrastruktur dan regulasi telah terjadi di IIX dan APJII. Tulisan tentang IIX dapat dibaca disini.

Saya kira dengan senang hati jika IPI menawarkan untuk meletakan server tersebut di Insititusi pendidikan di Indonesia yang mempunyai link ke IIX, karena mau tidak mau akan dapat menaikan External link dari dan ke domain institusi namun akan dapat membebani traffic nya.