Submit Thesis

by on August 28, 2015

Alhamdulilah akhirnya thesis dapat di submit pada akhir semester ini ke SPS Officer untuk dijadwalkan VIVA sebagai akhir dari perjalanan riset PhD, tinggal menunggu waktu kapan para eksternal dan internal examinernya dapat memberikan waktu kesiapan mereka. Semoga ini menjadi jalan saya untuk tetap dapat berkarya dan menyebarkan kebaikan khususnya kepada umat.

Saran dari pengalam kepada sahabat dan kolega di UTM yang ingin submit thesinya, diantaranya :

  1. Lakukan penjadwalan dengan ketat kapan harus berakhir percobaan, kapan memulai menulis hasil risetnya, kapan melakukan pengolahan data, dan kapan memulai chapter demi chapternya. Hal ini diperlukan sebagai management waktu dan lakukan itu dengan ketat.
  2. Pendekatan dengan Supervisor mutlak dilakukan agar supaya dia tau kapan kita akan submit dan kapan harus present akhir sebelum di cetak dan dikumpulkan.
  3. Lakukan jauh-jauh hari jika ingin melakukan proof read / copy editing thesis agar ada waktu untuk mengkoreksinya
  4. Print out sebagai draft thesis kita dan di rasa-rasa lagi karena pasti ada saja typos yang ditemukan sebelum ke supervisor
  5. Mintalah jauh hari login class ke Turnitin ke supervisor agar hal non teknis dapat dianulir, seperti supervisor sedang keluar negeri, supervisor sedang sibuk hingga dia tidak sempat membaca email kita, dan hal lainnya.