Elsevier semakin “menggurita”

by on April 16, 2013

Akhirnya Mendeley di akusisi untuk bergabung sebagai bagian bisnis dari Elsevier begitu info dari Elsevier beberapa waktu lalu, mereka menyiapkan dana USD 100M untuk mengandeng Mendeley.

Hal ini semakin menguatkan bahwa Elsevier ingin menggurita, dan mendelay dijadikan sebagai salah satu “kaki” untuk itu. Endnote dibawah Thomson reuters tetap diposisikan diri sebagai reference manager yang berorientasi dengan kekuatan desktopnya, sedangkan mendeley diawalnya bergerak dari desktop mulai bergeser ke online dan menuju ke indexing database dengan memaksa para penggunya untuk SYNCHRONIZE ke databasenya, akibatnya Mendelay sudah punya ribuan atau mungkin jutaan paper yg berbayar dari Elsevier , IEEE, springer, dll

Apakah Elsevier melihat Mendeley menjadi ancaman kedepan atau malah melihat bahwa ini adalah “permata” masa depan dengan kekuatan yg sudah dipunyai oleh Mendeley baik dari sisi content / community ataupun jumlah databasenya saat ini, yang pasti Mendeley telah menjadi alternatif solution bagi researcher untuk reference managernya.,..mau ngak mau elsevier tau bawah Mendelay sudah punya pasar sendiri.

Prediksi kedepan mungkin Mendeley akan dijadikan sebagai indexing “anak bawang” setelah Sci Hub nya berjalan lambat, jadi mereka mungkin potong kompas dengan mencari features yang sejenis yang mungkin saja akan di connecting kan dengan existing database mereka saat ini untuk mengukuhkan sebagai respository besar didunia.

Elsevier mungkin saja ingin membuka papers mereka namun via Mendelay, jadi OPEN ACCESS & CATHEDRAL makin panas dalam persaingan

🙂