Skill Up: How to organize conference

by on November 19, 2012


How to organize conference? Event Management, begitulah paparan yang dilakukan oleh Prof. Dr. Jiří Jaromír Klemeš, President of PRES Conferences, Vice-Chair of SDWES Conference, sore tadi di PROSPECT, Faculty of Chemical UTM.

Pergi dengan seorang kolega, kami hadir sekitar 15 menit setelah acara dimulai. Motivasi ikut nongkrong di seminar ini adalah siapa tau nantinya ada rencana untuk menyelenggarakan International Conferencen baik yang akan direncanakan oleh Jurusan, Fakultas, atau Komunitas / kolega saya kedepan nantinya… Insya Allah.

Focus utama dari paparan Professor tersebut adalah (1) bagaimana kita mempersiapkan acara sebelumnya, (2) persiapan teknis dan non teknis, (3) tips memilih committee, chair dan keynote, (4) aturan umum international conference, (5) strategi call for paper / special session dan sebagainya. Ada banyak masukan dan informasi yang didapat, walaupun sebenarnya point-point tsb sudah terbayang sebelumnya namun dapat menguatkan dan memberikan arahan yang jelas dan tepat apa yang akan dilakukan adalah benar.

Sambil membayangkan dan menyakinkan diri jika nanti suatu saat bersama kolega-kolega terbaik untuk menyelenggarakan International Conference di Indonesia yang pesertanya dari manca negara … Insya Allah.